Contoh naskah konseling pasien Rheumatoid Arthritis oleh apoteker

Apoteker             : Selamat Malam, ada yang bisa saya bantu ?
Pasien                 : Iya Mbak, saya mendapat resep dari dokter dan ingin menebus obat.
Apoteker             : Baik bu, Sebelumnya perkenalkan saya sarah apoteker penanggung jawab di apotek ini. Bisa saya lihat resepnya bu?
Pasien                 : oh ia  mbak ini resepnya.
Apoteker             : Baik bu, Obatnya akan disiapkan. Silahkan ditunggu ya bu.
( 10 Menit Kemudian…)
Apoteker             : Atas nama ibu Ami
Pasien                 : Oh iya bu.
Apoteker             : Baik bu, Obatnya sudah disiapkan. Maaf sebelumnya bu saya ingin bertanya apakah ibu bersedia menerima konseling mengenai obat yang akan ibu dapatkan sekitar 5 – 10 menit ?
Pasien                   : Iya mbak saya bersedia.
Apoteker               : Baik bu. Saya ingin bertanya apakah yang dokter katakan mengenai penyakit ibu ?
Pasien                   : Iya mbak, kata dokter saya mengidap Reumatik.
Apoteker               : Oke baik bu, Apakah dokter telah menjelaskan kegunaan obatnya ?
Pasien                   : Sudah bu tapi karena dijelaskan terlalu cepat sehingga kurang begitu jelas.
Apoteker             : Baik bu. Saya akan menjelaskan obat yang dikonsumsi ibu. Disini dokter meresepkan Methrotrexate diminum seminggu sekali 1 tablet sesudah makan dan Asam folat diminum seminggu sekali 1 tablet. Oh iya bu, apakah dokter juga menjelaskan tentang harapan setelah minum obat ini?
Pasien                   : Belum mbak.
Apoteker               : Baik bu akan saya jelaskan ya. Jadi obat ini diminum untuk menghambat proses perburukan penyakit seta memperlambat kerusakan sendi. Oh iya bu saya ingin memberi saran untuk ibu juga selain mengonsumsi obat ibu juga melakukan pola hidup yang sehat seperti berolahraga dan makan makanan bergizi seimbang agar cepat sembuh.
Pasien                   : Oh iya mbak, terima kasih.
Apoteker               : Baik Bu. Ada yang ingin ditanyakan lagi ?
Pasien                   : Sepertinya tidak ada mbak.
Apoteker               : Baik bu kalau begitu bisa ibu jelaskan kembali cara penggunaan obatnya?
Pasien                   : Baik mbak. Jadi obatnya di minum seminggu sekali 1 tablet sesudah makan dan asam folat diminum seminggu sekali 1 tablet. Kemudian menjaga pola hidup sehat juga seperti melakukan olahraga dan makan makanan yang bergizi seimbang.
Apoteker               : Baik bu sudah mengerti ya cara penggunaan obatnya. Terima kasih ibu sudah bersedia untuk menerima konseling. Maaf bu sebelumnya ada formulir yang harus di tanda tangani ibu sebagai tanda bahwa ibu telah menerima konseling.
Pasien                   : Oh iya Mbak akan saya tanda tangani. 
Apoteker               : Baik ini bu. Terima kasih. Semoga lekas sembuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Golongan CCB (Calcium Channel Blocker) Dihidropiridin, Fenilalkilamin dan bensotiazepin

Contoh Naskah Konseling Pasien HIV/AIDS oleh Apoteker